. kata-kata singkat untukMU: KEJUJURAN BIROKRASI INDONESIA LUNTUR

buku tamu

Senin, 29 April 2013

KEJUJURAN BIROKRASI INDONESIA LUNTUR

Birokrasi adalah suatu instansi pemerintah yang membantu pekerjaan pemerintahan dalam mengurusi bentuk-bentuk keperluan masyarakat. Segala bentuk masyarakat yang berhubungan dengan pemerintahan dilakukan oleh birokrasi, yang jadi masalah sekarang ini adalah kejujuran didalam birokrasi itu sudah pudar juga sudah bisa dikatakan sudah luntur. Tidak bisa kita pungkiri lagi dan  bukan lagi rahasia umum. Saat mengurus surat-surat penting dipemerintahan kalau mau proses cepat dan lancar harus menyiapkan uang untuk petugasnya, seperti ingin membuat SIM(Surat Izin Mengemudi), baik SIM untuk kendaraan motor atau mobil sudah hampir tidak ada yang murni kalau orang yang  membuat SIM itu dengan tes. Sudah ada calo yang menunggu dan menawari, juga ada yang calonya adalah dari kepolisian itu sendiri.


Melainkan dengan cara belakang atau dengan istilah nembak, hanya dengan sekitar 1(satu) jam SIM sudah jadi dan sudah berlaku. Bukan Cuma disitu, ada lagi contohnya saat mengurus surat pengantar dari RT, Kelurahan, Kecamatan, kepolisian dan instansi pemrintah lain untuk keperluan pendidikan ataupun berobat kerumah sakit masih juga harus menyelipkan uang walaupun cuma lima ribu rupiah. Apabila tidak menyelipkan uang maka harus menerima kalau selesai surat yang kita butuhkan selesainya lama, yang lebih aneh lagi kalau tidak memberi uang kepada petugas padahal surat sudah selesai maka akan dimanta dari petugas tersebut.
Birokrasi sekarang ini seperti tidak ada malunya lagi, kalau dibiarkan takutnya nanti kegiatan ketidak jujuran dibirokarasi akan suatu kebiasaan dan bila menjadi pejabat tinggi pastinya akan terjadi korupsi. Padahal saat mengurus atau membuat surat-surat di instansi pemerintahan itu gratis tidak ada biaya, kalaupun ada itu biaya yang sewajarnya dan bukankah yang meraka lakukan itu merupakan pekerjaan meraka. Pernah disuatu acara televisi yang membicarakan tentang birokrasi dan kebetulan membahas tentang ketidak jujuran birokrasi, bintang tamunya adalah salah satu anggota DPR. Dalam pembahasan itu anggota DPR sudah mengetahui tentang ketidak jujuran birokrasi, jadi gaji dari birokrasi dinaikkan. Karena mereka menyangka kejadian itu mungkin karena gaji yang kecil, namun itu bukan jalan keluar, setelah gaji naik tapi kenyataannya masih saja dari birokrasi melakukan hal tersebut.
Sekarang ini sebaiknya dari birokrasinya terlebih dahulu diperbaiki, bagaimana pemerintah bisa memperbaiki masyarakat kalau dalam anggotanya sendiri sudah tidak ada yang kejujuran. Selain itu dikhawatirkan nantinya masyarkat tidak akan percaya lagi kepada pemerintah.

tugas OPINI

Tidak ada komentar: